Kiat Jitu Buat Kamu yang Mau Memulai Bisnis Laundry

  • Whatsapp

Memulai bisnis laundry – Hallo sahabat Juguran, bagaimana pendapatmu mengenai membuka usaha laundry? Apakah masih potensial bisnis laundry di tahun 2021 ini? Jawabannya ya!

Potensi bisnis laundry justru semakin bagus. Pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk membuat masyarakat terus bekerja keras khususnya di area perkotaan. Umumnya, baik pekerja buruh atau perkantoran berangkat pagi dan seringkali pulang sampai larut malam.

Bacaan Lainnya

Kondisi lelah bekerja seharian penuh membuat mereka enggan melakukan aktivitas yang melelahkan lagi di rumah. Sehingga sangat mungkin mereka menggunakan layanan laundry untuk mencuci pakaiannya demi meminimalisir kelelahannya.

Nggak cuma para pekerja, area universitas atau industri juga sangat potensial. Kedua area tersebut sangat mungkin masih banyak pemuda yang baru beradaptasi dunia luar dan masih bermalas-malasan.

Hanya saja, berhubung membuka bisnis dalam bidang ini tidak memerlukan skill khusus layaknya bidang lain membuat banyak orang membuka usaha laundry begitu mempunyai cukup modal.

Banyaknya orang membuka usaha dibidang yang sama (kompetitor) membuat persaingan bisnis semakin sengit. Kamu dituntut untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya dan berusaha keras supaya mereka menjadi pelanggan setia.

Diaharapkan kamu punya metode khas untuk menggaet konsumen. Metode yang khas dan menonjol dapat membangun nama bisnis secara perlahan.

Perlu diketahui, jika anda membangun brand sendiri dari awal membutuhkan modal banyak dan waktu yang lebih lama. Beda halnya dengan membeli franchise brand laundry.

Apa itu? franchise laundry atau bisa disebut bisnis waralaba merupakan peluang usaha dengan memiliki hak pakai sebuah merek terkenal.

Banyak keuntungan dari franchise laundry contohnya tidak perlu susah membangun nama karena sudah menggunakan brand terkenal untuk membuka bisnis (sebagai mitra).

Kebanyakan dalam bidang bisnis jika sudah menjadi mitra suatu brand, keperluan seperti stok kebutuhan usaha disuplai dari pemilik brand terkenal tersebut sehingga sangat mungkin mendapat harga modal yang lebih kecil.

Tapi bagaimana sih cara kita bisa menarik konsumen?

Lakukan branding seperti promosi dan menawarkan paket khusus.

Bisnis laundry di era modern

Promosi sangat diperlukan bahkan ketika kamu sudah menjadi mitra brand terkenal.
Paket khusus yang sudah umum seperti menawarkan layanan kilat dengan biaya sedikit naik.

Buatlah penawaran khusus/unik untuk layanan bisnis laundry kamu yang mungkin belum pernah ditawarkan pengusaha lain.

Sebagai contoh, saya pernah membaca artikel mengenai bisnis laundry yang mendadak terkenal karena menawarkan cuci gratis untuk karpet mushola di salah satu daerah Yogyakarta. Keunikan tersebut mendatangkan banyak konsumen serta membuat nama usahanya jadi dikenal banyak orang.

Bagaimana cara memilih area untuk membuka bisnis laundry?

Mengenai lokasi strategis sebenarnya sudah sedikit saya sampaikan diatas. Membuka bisnis layanan seperti ini sangat cocok di area perkotaan, universitas dan Industrial.

Selain itu, layanan laundry juga mulai ramai dipinggiran kota yang semakin padat penduduk. Jadi, jika kamu belum memiliki modal yang cukup besar tidak ada salahnya dengan alternatif yang satu ini.

Mungkinkah berhasil? Bisakah membuka cabang lebih dari satu?

Sangat mungkin, bisnis yang satu ini tidak mudah terkikis perubahan zaman tapi justru selalu mengikuti.

Untuk diketahui, awal mula adanya layanan laundry dari seorang imigran Cina di Amerika yaitu Wah Lee.

Ia menawarkan layanan cuci baju dengan cara yang masih manual, pada awal abad 20-an barulah muncul laundry kiloan dan belakangan ini mulai ramai laundry koin.

Mengenai pembukaan cabang sebaiknya jangan terlalu tergesa-gesa, sering kali saya melihat pengusaha gagal bahkan terjadi pada tetangga saya, umumnya kegagalan mereka disebabkan karena hanya memandang potensi tanpa manajemen resiko.

Penutup

Itulah jawaban dari juguran.com mengenai seberapa potensial berbisnis dalam layanan mencuci ini. Apakah artikel ini membantu? Bila perlu share yah, siapa tau ada teman atau saudara yang menjajal bisnis laundry.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *