Compress gambar

Cara mudah compress gambar untuk meringankan loading blog

Diposting pada

Blogging – Cara compress gambar, Apabila anda seorang blogger tentunya sangat mengerti dengan fungsi gambar pada artikel blog.

Gambar di dalam artikel membantu mempermudah anda memberikan gambaran atau ilustrasi mengenai topik yang sedang disampaikan. Selain itu, gambar juga membantu pembaca situs jika kamu membuat artikel tutorial.

Sayangnya, penggunaan gambar kualitas tinggi serta jumlah yang banyak akan memberatkan loading halaman artikel blog sobat. Jika pramuat laman lambat, banyak pengunjung yang memilih untuk mencari atau berkunjung ke situs lain.

Padahal dalam SEO (Search Engine Optimization) Blogging, gambar juga sangat diperlukan. Lantas tindakan apa yang harus kita lakukan?

Compress gambar untuk meringankan loading blog

Benar sekali, cara terbaiknya yaitu dengan memperkecil ukuran gambar. Memperkecil yang saya maksud disini bukan mengecilkan resolusi melainkan kualitasnya. Sehingga andaikata resolusi gambar yang di compress 1200×675 mega pixel maka setelah dicompress resolusinya tetap sama.

Nah disini saya akan menyampaikan Langkah-langkah mengcompress gambar.

Cara compress gambar menggunakan layanan website

Cara ini sangatlah mudah. Silahkan sobat Juguran.com siapkan gambar yang hendak kamu compress. Jika sudah,

1. buka website compressjpeg.com,
2. scroll ke bawah, klik unggah file. Kamu bisa mengunggah file hingga 20 gambar sekaligus,

Cara compress gambar

3. tunggu proses compress gambar selesai,

4. klik download.

Compress gambar
Cara perkecil size gambar

Selamat proses compress sudah bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan seo blogging.

Selain menggunakan layanan website, masih banyak cara lainnya untuk compress gambar. Salah satunya fitur pada aplikasi edit foto di PC dan smartphone.

Saya sendiri sering menggunakan aplikasi di smartphone android untuk mengcompress size gambar. Aplikasi yang saya gunakan ialah Picsay – photo editor.

Mungkin saja banyak dari sobat juguran yang belum mengetahui bahwa aplikasi Picsay juga mampu mengcompress gambar. Nah, saya akan menyertakan tutorialnya berikut ini.

Cara compress gambar menggunakan aplikasi Picsay di android

  1. Instal dan buka aplikasi picsay,
  2. Buat gambar baru atau impor gambar juga boleh,
  3. a.) Buat gambar baru, klik New blank picture dan tentukan resolusi yang di inginkan> effect> insert new picture. Silahkan kamu sesuaikan gambar yang ditambahkan dengan gambar yang masih kosong.
    b.) Import gambar, klik import> pilih gambar> Adjust> resize dan silahkan buat ukuran sesuai kebutuhan.
  4. Jika proses diatas selesai, klik Export. Sebelum kamu save klik dulu teks jpg atau png. Pilih Jpeg Medium Quality.
Compress picture use Picsay pro

Nah, silahkan kamu save gambar yang telah diedit. Sebenarnya proses pengompressan gambar pada tutorial diatas yakni hanya pada tahap nomor 4. Tetapi biasanya jika gambar belum diedit tidak bisa dieksport.

Mungkin jika kamu orang yang tipe tidak mau repot tips compress gambar yang pertama sangat cocok. Tapi menurut saya tips yang kedua justru lebih cepat, mengapa?

Setiap gambar yang saya gunakan untuk tumbnail artikel atau pelengkap tutorial semuanya melalui tahap editing. Nah setelah gambar diedit saat disimpan saya bisa sekaligus mengompressnya.

Berbeda dengan menggunakan cara pertama, yang berarti saya harus melalui dua proses yakni editing dan compress di website.

Itulah tutorial seputar cara compress gambar untuk meringankan loading blog. Semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *