Cara cek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insight

Pagespeed – Cek kecepatan loading blog, kecepatan pramuat adah salah satu hal terpenting karena sangat berpengaruh pada kenyamanan dan banyaknya jumlah pengunjung agar mereka tidak memutuskan untuk pergi ke situs lain.

Sudahkah blog atau website anda mempunyai page speed yang bagus? atau justru belum mengetahui berapa kecepatan loading blog yang dikelola?

Sobat juguran, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial untuk mengetahui berapa kenceng ya sih kecepatan loading blog milik kita. Cara mengetahuinya sangatlah mudah.

Langkah cek kecepatan loading blog (pagespeed test)

Saya menggunakan penguji kecepatan dari google karena Google PageSpeed Insight (PSI) adalah tool gratis yang menyediakan laporan paling akurat dibanding tool lainnya.

Selain itu, GooglePageSpeed Insight adalah tool yang resmi dirilis oleh Google sehingga indikator penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan standar Google. Berikut cara ceknya:

  1. Masuk ke halaman Google PageSpeed Insight
  2. masukkan url home page blog anda pada kolom yang tersedia. Sebagai contoh www.juguran.com
Cek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed Insight (GPI)
Cek kecepatan pramuat blog
  • Klik ANALISIS (terkadang verifikasi captha) tunggulah sebentar sampai proses analisa selesai. jika analisa telah selesai akan muncul kecepatan loading blog yang anda cek.

Apabila pramuat halaman blog sobat memiliki kecepatan antara 90-100 maka sudah cepat, 50-89 rata – rata atau standar, namun jika speed 0-49 di anggap lambat dan berat loading blognya.

Baca juga : Cara mudah inspect element di android

Lalu bagaimana jika kecepatan blog saya tidak bagus? lebih parahnya masuk dalam kategori lambat? mengenai permasalahan ini saya memiliki sedikit tips untuk mempercepat loading blog.

Anda bisa mempercepat loading blog dengan menghapus widget yang dianggap tidak begitu diperlukan, gunakan template yang responsive/mobile friendly, gambar yang di unggah untuk artikel blog sebaiknya berukuran dibawah 100Kb. Anda juga menggunakan script lazy load.

Sedikit tambahan, untuk hasil dari uji coba kecepatan pramuat halaman blog di bawah 90 bukan berarti loadingnya lambat. Karena hasil uji coba menilai dari semua yang dimuat bahkan dari widget yang tidak begitu mengganggu pembaca.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *