Waspada, inilah 4 hal penyebab ponsel meledak!

Ponsel meledak – Kejadian ponsel meletup bagaikan momok yang menakutkan bagi warga masyarakat. Terlebih belakangan ini kerap terjadi dengan akibat dari ledakan luka ringan hingga luka bakar berat bahkan meninggal dunia.

Naasnya orang-orang yang menjadi korban dari letupan tersebut belum mengetahui hal yang dapat memicu ponsel meledak. Apakah sobat juguran salah satunya?

Ada beberapa hal kebiasaan buruk yang memungkinkan ponsel meledak dan jangan sampai kejadian tersebut terulang kembali.

Penyebab ponsel meledak dapat disebabkan 4 hal berikut

Letupan ponsel sangat memungkinkan dari berbagai sebab, namun hal berikut ini sangat memungkinkan jadi penyebabnya.

Ponsel meledak
Letupan @pixabay.com

1. Baterai rusak (tidak layak pakai)

Kondisu baterai ponsel yang telah rusak menjadi salah satu penyebab ponsel meledak. Penggunaan baterai yang sudah tak layak pakai dapat memicu korsleting dan menyebabkan ponsel meledak. Baterai yang sudah tak layak pakai biasanya menggembung dan soak (daya di isi cepat penuh namun dipakai cepat habis)

2. Ponsel meledak akibat panas berlebihan

Panas pemicu ponsel meledak

Ponsel bisa saja meletup jika diletakkan di dekat sumber panas seperti kompor, pemanas ruangan, maupun perangkat elektronik lain. Saat daya baterai diisi ulang, maka suhu ponsel akan meningkat.

Baca juga : cara kunci 4G di android supaya internet ngebut!

Kondisi ini menimbulkan bahaya jika ponsel diletakkan dekat dengan sumber panas. Saat baterai kepanasan akan terjadi reaksi penambahan temperatur yang memicu ledakan.

Saya menjadi teringat amanat orang tua agar jangan meletakan ponsel di atas televisi saat dicharge.

3. Menggunakan charger abal-abal

Menggunakan charger abal-abal jadi penyebab ponsel meledak

Penggunaan charger murah atau abal-abal dapat mengakibatkan panas yang berlebihan juga merusak baterai.

Pada dasarnya semua charger baik itu murah maupun mahal memiliki fungsi yang sama namun, pemakaian charger yang tidak sesuai standar dapat merusak ponsel secara perlahan. Akibat yang ditimbulkan akan terlihat dalam jangka waktu panjang.

4. Jangan Tekuk atau Tusuk Ponsel

Penyebab ponsel meledak

Dilansir dari situs CNN, Ketika baterai Li-ion rusak, baterai dapat mengakibatkan arus pendek, penumpukan gas,  bahkan bisa langsung terbakar.

Baterai Li-ion mengandung selembar tipis lithium dan selembar tipis oksigen. Larutan elektrolit memisahkan lembaran-lembaran ini. Ketika larutan itu pecah atau tertusuk, lapisan litium dan oksigen bereaksi pemicu runaway thermal.

Dalam beberapa kasus, ini dapat terjadi saat mengganti baterai ponsel. Menusuk atau menekuk Li-ion dapat menyebabkan kerusakan mekanis, dan jika baterai tidak ditangani dengan benar selama pemasangan, baterai dapat terbakar.

Itulah 4 hal yang menjadi penyebab ponsel meledak dan sangat memungkinkan ada hal-hal lain tetapi belum diketahui.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *