Pengertian dan contoh kerajinan dari bahan lunak

Diposting pada

Kerajinan Bahan Lunak adalah karya kerajinan yang mengunakan bahan bersifat lunak sebagai dasar pembuatannya.

Bahan lunak terbagi ke dalam dua jenis yakni bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Serta ada 2 fungsi kerajinan dari bahan lunak yaitu fungsi estetis (keindahan) dan pakai.

Bahan Lunak Alami

Bahan lunak yang diperolah dari alam dan pengolahannya tidak dicampur dengan bahan buatan. Contohnya : tanah liat, serat alam, dan kulit hewan.

Bahan Lunak Buatan

Bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Contohnya Bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun dan lain-lain.

Contoh Kerajinan dari Bahan Lunak

Berikut contoh produk kerajinan bahan lunak:

Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun

Produk kerajinan sabun merupakan karya kerajinan dai bahan dasar sabun batangan. Kerajinan dari sabun sangat unik. Sabun dapat diolah dengan dua cara.

Source dari video youtube

Pertama mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti binatang, buah, dan flora ukiran.

Kedua dengan cara membentuk sabun. Kerajinan sabun yang sering dibuat biasanya berupa benda dias yang indah. Berikut contoh produk kerajinan dari bahan sabun.

Kerajinan Bubur Kertas

Kerajinan bubur kertas karya kerajinan yang proses pembuatnya mudah dan tidak memerukan banyak uang. Dari sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan.

Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi kerajinan yang bernilai jual.

Kerajinan Gips

Kerajinan bahan lunak
Kerajinan bahan gyps

Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat.

Proses harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang diinginkan, dan harus dibuat cetakan. Jika akan diproduksi dalam jumlah banyak, harus dibuat model/cetakan terlebih dahulu.

Kerajinan bahan Kulit

Kerajinan kulit merupakan karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis.

Karya kerajian dari kulit diproses menggunakan teknik ukir dan jahit.

Kulit hewan yang biasanya di pakai untuk kerajinan biasanya hewan sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

Kerajinan Lilin

Kerajinan bahan lilin
Kerajinan bahan dari lilin

Kerajinan lilin merupakan karya kerajinan dari bahan dasar lilin. Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah, dapat di lalukan oleh semua orang.

Kerajinan lilin teknik pembuatanya biasanya dengan teknik ukir dan teknik cetak.

Kerajinan Serat Alam

Kerajinan serat alam merupakan  karya kerajinan yang menggunakan bahan baku serat alam dengan teknik pembuatan kerajinan sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

Kerajinan dari serat alam bisa dibuat barang atau benda pakai, juga bisa benda hias yang indah. Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu, Figura, dan kerajinan dinding.

Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan bahan tanah liat
Kerajinan bahan tanah liat

Kerajinan tanah liat merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat. Kerajinan tanah liat juga sering disebut sebagai kerajinan keramik.

Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa seperti dipijit, busir, pilin, pembakaran, dan glasir sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah.

Itulah pengertian dan contoh kerajinan dari bahan lunak versi juguran.com

One thought on “Pengertian dan contoh kerajinan dari bahan lunak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *