Monumen trek bom

Sudah tau belum? Inilah sejarah adanya monumen trek bom di Banjarnegara

By

BANJARNEGARA – Monumen Trek-Bom Kalimendong, Purwanegara, Banjarnegara.
Monumen yang menjadi petanda pernah terjadinya sebuah peristiwa heroik pejuang Kalimendong bersama para TRI (Tentara Republik Indonesia) atau selanjutnya disebut TNI, guna mengusir pendudukan Belanda di wilayah Banjarnegara.

Sanpardi, Suharjo, pemuda Kalimendong, serta Letkol Yasir Hadibroto dan pasukan TRI nya adalah para pejuang yang menjadi bagian dalam peristiwa saat itu.

Dimana sebuah strategi perlawanan menggunakan trek bom atau bom tarik di manfaatkan untuk menghancurkan tentara dan para petinggi Belanda yang sedang melakukan konvoi di daerah pendudukan nya.

Koordinasi antar pasukan, proses membawa bom malam-malam dengan dipanggul beramai-ramai dari kota Banjarnegara menuju Kalimendong, menjaga kawasan ditanamnya bom, memata-matai musuh dari atas pohon Kelapa, sampai proses penarikan bom di parit yang dilakukan bergotong-royong dengan memancal dinding parit, ternyata tidak sia-sia.

Tepat saat aksi dilancarkan. Dentuman keras terjadi, tepat mengenai titik kendaraan truk Belanda
Sektika hancur! Luluh lantah, tak tersisa! Semua tentara dan para petinggi Belanda mati oleh kedahsyatan bom tarik kala itu.

Bahkan daerah terdampak bom pun tergolong luas, hampir mencapai radius 50 m.

Baca Juga : Sejarah Lengkap desa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara

Sorak sorai pemuda, para tentara Republik Indonesia, bergema di sekitar kawasan Kalimendong, bahkan di seluruh wilayah pendudukan RI di Banjarnegara.

Perayaan itu luar biasa. Tangis haru, senyum rekah, teriakan, semua seakan hanyut menyatu dengan tetes keringat dan darah para pejuang kala itu. Semata-mata untuk mempertahankan keutuhan Republik Indonesia.

Monumen trek bom Banjarnegara


Hingga saat ini, Monumen Trek-Bom Kalimendong berikut kisahnya, telah menjadi salah satu dari ribuan kisah perjuangan rakyat di bumi Banjarnegara tercinta ini.

Semoga kita semua bisa mengilhami, menghayati, dan meneruskan membangun Banjarnegara dengan semangat Nasionalisme. Merdekaa!

Artikel dan foto di atas dengan sumber lengkap akun instagram milik Info Seputar Banjarnegara dan Megy Hermanto serta dipublikasikan ulang oleh situs juguran.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like