Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival jadi primadona wisatawan, Dieng Plateau kebanjiran pengunjung!

By

BANJARNEGARA -Wisatawan membludak, Dieng Culture Festival 2019. Upacara adat Potong Rambut Gimbal dan penerbangan lampion menjadi salah satu tujuan utama wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan event yang masuk ke dalam 100 event wonderful Indonesia dan telah mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia serta masuk di peringkat dua. (Twitter Wisata Banjarnegara)

Lautan manusia di negeri atas awan (sebutan untuk Dieng) sangat antusias dengan acara yang hanya digelar setiap setahun sekali ini yakni 2-4 Agustus.

Hastag #DiengCultureFestival2019 memenuhi beranda di akun twitter yang saya miliki. Bahkan sempat menjadi trending topik.

Baca Juga : Fenomena Embun Es di Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah capai suhu minus 10 derajat

Ketua panitia Dieng Culture Festival Alif Fauzi mengatakan bahwa acara DCF selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2017 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng Culture Festival ada 148 ribu, tahun 2018 sebanyak 158 ribu dan sampai tahun 2019 ini masih terus meningkat sampai 177 ribu wisatawan sudah termasuk dari mancanegara.

Membludaknya wisatawan tentu menjadi berkah bagi masyarakat Dieng dan sekitarnya untuk memperbaiki perekonomian.

Beralih dari perekonomian, terdapat hal unik dalam upacara pemotongan rambut gimbal.

Prosesi pemotongan rambut Gimbal di Dieng

Ada sebelas anak yang terpilih dan setiap anak mempunyai permintaan yang berbeda – beda. Uniknya salah satu dari mereka ada yang meminta kentut ibunya dan sebutir telur puyuh.

Permintaan yang sangat aneh ini menjadi topik perbincangan yang hangat oleh warganet.

Sayangnya, penerbangan lampion pada acara Dieng Culture Festival 2019 adalah penerbangan yang terakhir. Dimuat dari tweet resmi Dieng yang menyatakan bahwa tidak ada lagi penerbangan lampion di tahun depan.

Banyak sekali warganet yang mengeluhkan hal tersebut. Karena salah satu bagian event yang menjadi primadona ditiadakan dan mereka berharap agar acara penerbangan lampion event DCF tetap digelar.

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Dieng Culture Festival 2019 dan upacara adat Potong Rambut Gimbal menjadi objek utama wisatawan dala… […]

  2. eva 1 bulan ago
    Reply

    smoga suatu saat saya dapat berkunjung disana gan, thanks infonya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like